Menyikapi dan Mengatasi Copy Paste Artikel

Ditulis oleh: -
Haloo bro :)

Kali ini saya akan membahas tentang tindakan Copy Paste dikalangan blogger yang mungkin sudah banyak sekali teman - temang blogger mengangkat tema ini untuk artikel blognya namun untuk kali ini saya akan membahasnya menurut pandangan saya . :)

Copy Paste dalam dunia Blogger memang sudah menjamur, sepertinya sangat sulit untuk menghapuskan secara total, hal ini dikarenakan yang dibutuhkan untuk mengatasi tindakan Copy Pastet adalah kesadaran dari masing - masing individu. Fenomena Copy Paste bisa muncul karena adanya dorongan dari individu yang ingin meraup keuntungan dari tindakan tersebut, entah untuk menaikan SEO, medapatkan keuntungan dari uang yang didapatkan atau bahkan dikarenakan malasnya para blogger untuk menciptkan sebuah artikel yang unik.  Menurut saya tindakan memasang Widget DMCA untuk melindungi blog kita dari para blogger malas itu masih kurang efektif . percuma saja kita memasang berbagai pengaman jika kesadaran dari para pencuri masih minim, saya analogikan seperti ini "Jika Kita Membuat Tameng Sekuat Apapun Itu Pasti Pihak Musuh Akan Menciptakan Pedang Yang Lebih Tajam"

Biasanya yang menjadi tersangka adalah blogger - blogger baru yang masih awam tentang ketentuan dari menulis artikel yang berkualitas, jika masih baru saya pribadi masih memaklumi, bahkan sayapun dulu melakukan tindakan Copy Paste karena bingung mau mengangkat tema apa, namun seiring bertambahnya waktu saya merasa kurang nyaman dengan tindakan yang saya lakukan dan ada perasaan "Perang Batin" , sehingga sejak saat itulah saya putuskan untuk tidak melanjutkan lagi blog saya yang full Copy Paste dan membuat blog baru dengan berusaha untuk menampilkan artikel yang unik dan bermanfaat bagi teman - teman semua dan paling tidak Artikel saya berbentuk Rewrite. Jadi intinya Blogger Baru masih wajar dan tentunya latihan pula untuk menulis artikel yang unik, tapi tidak bisa dipungkiri terkadang banyak pula blogger yang udah sesepuh dalam dunia Blog, Wordpress maupun Atikel dan apapun itu tetap saja melakukan tindakan Copy Paste "Parah" . Banyak alesan yang digunakan blogger yang melakukan tindakan Copy Paste contohnya mereka sering beralesan untuk menyalurkan informasi yang penting, untuk mempromokan blog yang diambil artikel dan bla bla bla bla seribu satu macam alasan, saya pun dulu juga demikian .

Sekarang apa yang harus kita lakukan bagi kita selaku pencipta artikel yang dicuri ? itu semua terserah pada pemiliknya , terkadang ada yang diam saja, ada yang merasa bangga ada pula yang marah. untuk kali ini saya akan membagikan tips tips bagi teman - teman yang marah karena artikelnya udah di Copy Paste :
  • Daftarkan Blog dan Artikelnya di DMCA
  • Kadang - Kadang Cek artikel ke Website yang menyediakan tools untuk mengecek artikel kita apakah dicuri atau tidak, Websitenya Duplicecker , Plagiarism Checker , Article Checker , Copy Scape , tinggal pilih aja sesuai selera
  • Pasang Anti Klik Kanan
  • Jika ada yang kedapatan mencuri ingatkan dulu, jika masih bandel selanjutnya terserah anda, mau dilaporkan ke mbah Google biar nanti di hapus artikelnya atau bahkan di tutup blognya .
ada beberapa pesan saya bagi blogger yang masih melakukan tindakan Copy Paste :
  • Posisikan anda sebagai blogger yang menulis artikel asli dan dicuri
  • Coba renungkan apa yang anda rasakan jika terus terusan melakukan tindakan Copy Paste ?
  • Tanyakan ke diri anda sendiri, Apakah tidak capek Copy Paste ? kalau tetep tidak capek tapi apakah tidak bosan ?
  • Paling tidak Belajarlah Rewrite :)
suatu saat nanti saya yakin anda akan merasa bosan dan capek jika mengcopy Paste mulu, soalnya kurang ada tantanganya . hehehe
Artikel sedikit tapi Unik lebih mempunyai arti daripada banyak tapi Copy Paste, ingat bro "Nama Anda Tidak Dikenang Dengan Panjangnya Umur Yang Anda Tempuh, Tapi Melalui Bermaknanya Hidup Yang Anda Jalani" :)
Maaf jika ada kata kata yang salah dan menyinggung, ini sekedar Opini dan Himbauan :)

Semoga Bermanfaat :D
Good Luck

2comments:

  1. Setuju mas saya :)
    #Koment back ditunggu http://mas-acep.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Saya juga sangat setuju dengan pendapat sobat tersebut, dan berharap google juga bisa membedakan dengan menempatkan artikel hasil copy paste pada urutan terbawah hasil pencarian bukan malah sebaliknya.

    ReplyDelete

- Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai Topik
- Berkomentarlah menggunakan Bahasa Indonesia yang Baku
- Dilarang Berkomentar yang menyinggung soal SARA dan Porno
- Admin berhak tidak menampilkan komentar Anda jika melanggar Peraturan

Jika Anda merasa Artikel ini bermanfaat silahkan membagikan melalui share Social Media yang telah Admin sediakan.

Terimakasih