Faktor Pendorong Perusahaan Mengadakan Program CSR

Pada artikel sebelumnya anda telah mengetahui Pengertian Tanggung Jawab Sosial "Corporate Social Responsibility" (CSR) . Maka sekarang saatnya saya akan mencoba memaparkan beberapa faktor pendorong sebuah perusahaan mengadakan program Tanggung Jawab Sosial.  Ada beberapa faktor pendorong perusahaan mengadakan program Tanggung Jawab Sosial (CSR), secara garis besar dibagi menjadi 3 faktor. Faktor Internal, Faktor Eksternal dan Faktor Pemerintah, dari ketiga faktor tersebut saling berkaitan dan melengkapi.


Faktor Pendorong Perusahaan Mengadakan Program CSR

Saya ambil contoh kasus CSR Aqua tentang pengadaan Air Bersih, jika kita mengkritisi program CSR tersebut maka akan tampak ketiga faktor itu akan muncul. Dalam program CSR pengadaan air bersih Aqua jika menurut saya Aqua ingin menunjukan sikap kepeduliaanya terhadap lingkungan kususnya dalam kategori air sebagai sumber penghidupan mengingat sektor bisnis yang digalakan dalam hal penjualan air minum maka akan menjadi tidak etis jika perusahaan Aqua kurang peduli akan fenomena kelangkaan air minum, sekaligus sebagai bentuk kepatuhannya terhadap peraturan UU Perseroan Terbatas mengenai Program CSR. Untuk lebih jelasnya saya akan klasifikasikan masing – masing faktor pendorong perusahaan mengadakan program Tanggung Jawab Sosial (CSR)

Faktor Internal
  • Pada dasarnya perusahaan menyadari jika dirinya termasuk dalam kelompok sosial yang berkecimpuk di suatu tempat tertentu dan berkaitan dengan kelompok sosial lainnya.
  • Perusahaan menyadari jika niatan membantu sesama kelompok sosial (manusia) dan menjaga kelestarian lingkungan (Bumi) merupakan suatu tindakan yang mulia dan dianjurkan disetiap agama
  • Perusahaan menyadari jika dengan adanya program CSR ini maka akan berdampak positif salah satunya adalah berdampak pada kelancaran dan kelangsungan kegiatan operasional perusahaan
  • Perusahaan mempunyain niatan untuk mendorong karyawan supaya dapat hidup lebih disiplin, mengembangkan kemampuan untuk kemajuan perusahaan serta menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan sekitar.
Faktor Eksternal
  • Perusahaan ingin menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekitar perusahaan dalam hal ini masyarakat yang berdomisili dekat dengan lokasi perusahaan maupun masyarakat secara luas yang dalam hal ini diartikan masyarakat yang lokasinya jauh dari perusahaan
  • Ikut berpartisipasi dalam pengelolaan dan melestarikan lingkungan hidup
  • Perusahaan ingin berperan dalam mendorong pendapatan masyarakat melalui program ekonomi kerakyatan
Faktor Pemerintah
  • Anjuran yang dilayangkan pemerintah kepada perusahaan untuk ikut berperan serta dalam menjaga dan memelihara / melestarikan kehidupan yang harmonis dengan pengelolaan limbah yang baik dan ramah lingkungan
  • Sebagai lembaga yang berorientasi pada pendapatan maka pemerintah menganjurkan kepada perusahaan untuk ikut berperan serta dalam hal mendukung program – program pemerintah kususnya dalam hal pengentasan kemiskinan dan kelayakan hidup.
  • Munculnya UU Perseroan Terbatas serta Keputusan Menteri Negara yang mengatur mengenai Tanggung Jawab Sosial.
Itulah beberapa faktor pendorong perusahaan mengadakan program CSR, pada intinya faktor yang sangat mempengaruhi adalah faktor internal, sedangkan faktor eksternal dan pemerintah hanya pemicu. Sebab pemicu akan sia – sia saja kalau memang kesadaran dari sebuah perusahaan tersebut tentang pentingnya kelayakan hidup masyarakat sekitar serta kelestarian lingkungan hidup masih kurang .

Di jaman sekarang, saya pribadi hanya melihat program CSR dijalankan oleh perusahaan – perusahaan multinasional yang memiliki profit tinggi, sedangkan Perusahaan yang berbadan Perseroan Terbatas dengan profit belum begitu tinggi masih enggan melancarkan program CSR. Menurut saya sebaiknya perusahaan dengan profit yang kecil masih dapat melakukan kegiatan CSR, namun tentunya dituntut dengan daya kreativitas seorang Praktisi Humas, atau dengan kasus budget yang minimal namun memberikan dampak positif serta respon yang positif pula bagi masyarakat.

0 comments "Faktor Pendorong Perusahaan Mengadakan Program CSR", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai Topik
- Berkomentarlah menggunakan Bahasa Indonesia yang Baku
- Dilarang Berkomentar yang menyinggung soal SARA dan Porno
- Admin berhak tidak menampilkan komentar Anda jika melanggar Peraturan

Jika Anda merasa Artikel ini bermanfaat silahkan membagikan melalui share Social Media yang telah Admin sediakan.

Terimakasih