Media Online Bagi Public Relations

Media Online Bagi Public Relations - Dewasa ini perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat, tidak bisa dipungkiri kebutuhan akan akses informasi yang diinginkan masyarakat untuk mengetahui fenomena yang sedang terjadi semakin ikut berkembang. Fenomena meningkatnya akan akses informasi yang dituntut masyarakat didukung pula dengan adanya media online sebagai media yang praktis, cepat dan efisien demi memenuhi hasrat masyarakat akan informasi.

Seorang praktisi PR harus lebih waspada dengan adanya fenomena tersebut. Praktisi PR dituntut pula untuk memiliki sifat analisis yang tinggi sehingga tidak termakan dengan isu - isu yang meyebar didunia online. Banyak kasus yang sudah terjadi belakangan ini mengenai citra sebuah perusahaan melalui dunia online, biasanya isu tersebut seputar kepuasan pelayanan atau barang yang diterima oleh konsumen. Oleh sebab itu dapat dikatakan jika Media Online dapat menjadi "Senjata Makan Tuan" bagi Praktisi PR.

Demi menunjang aktifitasnya sebagai Praktisi Public Relations, banyak perusahaan yang menyediakan Media Komunikasi secara Online atau sering kita dengan sebagai Website bagi Praktisi PR, Konsumen atau Stakeholders lainnya yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan perusahaan tersebut. Tujuan utama dan awal perusahaan menyediakan Media Online atau Website tersebut adalah untuk sarana komunikasi yang lebih efisien, selain itu dilihat dari segi dana yang dikeluarkan lebih ringan daripada menyewa space di Surat Kabar. Namun ada hal perlu dijadikan pertimbangan bagi perusahaan yang terlalu berkonsentrasi kepada Media Online atau Website tanpa melihat media surat kabar, karena tidak semua masyarakat menyukai Media Online atau Website sebab sebagian dari Masyarakat masih bertahan dengan penyebaran informasi melalui Surat Kabar.

Media Online dapat dijadikan sebagai penyalur Informasi yang aktual, contohnya gangguan teknis yang dialami oleh perusahaan dapat disalurkan dengan cepat, pengumumuna bagi masyarakat luas yang bersifat Nasional, atau beberapa kebijakan perusahaan. Selain itu dengan adanya Media Online, Visi Misi perusahaan tersebut dapat dipaparkan dengan jelas beserta program - program kerja yang telah disusun. Manfaat yang didapat oleh praktisi PR jika didalam institusi yang dinaunginya memiliki Media Online adalah semakin terbukanya Interaksi secara langsung kepada para stakeholdersnya, hal ini dapat diperoleh dengan layanan chatting atau e-mail yang biasanya tersedia dalam sebuah Website Perusahaan.

Kesimpulannya adalah, dengan adanya fenomena perkembangan Informasi dan Teknologi yang terjadi di masyarakat modern, seorang praktisi PR dituntut mampu beradaptasi dengan fenomena tersebut, salah satunya dalam penggunaan Media Online atau Website sebagai sarana informasi tanpa meninggalkan  media Surat Kabar sebagai salah satu alternatif media yang efisien.

Tulisan ini hanya berdasarkan opini dari saya, silahkan berkomentar supaya terjadi diskusi yang hangat dan mampu meningkatkan ilmu saya . Salam :D

0 comments "Media Online Bagi Public Relations", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai Topik
- Berkomentarlah menggunakan Bahasa Indonesia yang Baku
- Dilarang Berkomentar yang menyinggung soal SARA dan Porno
- Admin berhak tidak menampilkan komentar Anda jika melanggar Peraturan

Jika Anda merasa Artikel ini bermanfaat silahkan membagikan melalui share Social Media yang telah Admin sediakan.

Terimakasih