Pengertian Public Relations Officer

Public Relations
Pengertian Public Relations Officer - Ada baiknya artikel pertama saya ini yang mengangkat tema tentang dunia perkuliahan khususnya Public Relations ada baiknya saya membahas apa itu Public Relations Officer ?


Public Relations Officer atau dalam Kamus Bahasa Indonesia dan bahasa sehari - hari sering disebut Humas dapat dikatakan bagian vital dari suatu institusi baik yang bersifat swasta maupun negri. Dianggap Vital karena sebagai ujung tombak suatu institusi dalam menjaga citra positif dan hubungan baik dengan para stakeholders, maka tidak heran jika praktisi humas selalu berada paling depan dan selalu paling pertama untuk menangani setiap kasus yang menimpa institusi tersebut.


Humas Menurut Para Ahli
Banyak teori yang menyangkut tentang dunia humas, kali ini saya mencoba memaparkan beberapa teori menurut tokoh yang sudah diakui karya ilmiahnya dalam dunia Komunikasi maupunn Humas :

Menurut Jeffkins dan Daniel Yadin dalam bukunya yang berjudul Public Relations, Frank Jeffkins Revisi Daniel Yadin. 2002:10
Public Relations (Humas) adalah suatu sistem komunikasi yang menumbuhkan niat baik
Menurut Prof. Drs. H.A.W Widjaja dalam bukunya yang berjudul Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. 2002:54
Public Relations adalah profesi yang mengurusi hubungan antara sesuatu unit dan publiknya yang menentukan hidup unit itu
Menurut M. Linggar Anggoro dalam bukunya yang berjudul Teori dan Profesi Kehumasan serta Aplikasinya di Indonesia. 2000:2 
Humas adalah suatu seni sekaligus disiplin ilmu sosial yang menganalisa berbagai kecenderungan, memprediksi setiap kemungkinan konsekuensi dari setiap kegiatannya, memberi masukan dan saran - saran kepada pemimpin organisasi dan mengimplementasikan program - program tindakan yang terncana untuk melayani kebutuhan organisasi dan atau kepentingan khalayak umum.

Tiga teori diatas menyebutkan jika Peranan Humas lebih sering berkecimpung dalam dunia komunikasi. Komunikasi yang dimaksudkan bukan hanya melulu dalam hal Jurnalistik, melainkan dalam cakupan yang lebih luas. Komunikasi yang dimaksudkan dalam dunia humas seperti menyusun Press Release, mengadakan Konfrensi Pers dan menjalin hubungan baik dengan pihak media (Media Relations), menginformasikan kepada stakeholders mengenai kebijakan instansi yang dinaunginya serta menjaga hubungan baik melalui program - program PR.

Tujuan Humas melakukan kegiatan Komunikasi dan Program - Program Humas untuk membangun sikap saling pengertian antara instansi yang dinaunginya dengan seluruh stakeholders yang menjadi bagian dari instansi tersebut. Oleh sebab itu seorang praktisi Humas dituntut mempunyai Softskill dalam berkomunkasi yang baik, supaya pesan yang disampaikannya dapat diterima dengan jelas oleh lawan bicaranya sehingga kemungkinan terjadinya Miss Communications dapat diminimalisirkan.

Jika krisis dan isu negatif menimpa instansi, maka seorang Humas harus dengan cepat dan tepat menganalisa serta memberikan masukan dalam hal penangannya yang menyangkut Citra Instansi tersebut kepada pimpinan organisasi. Tujuan analisa yang dilakukan Humas khususnya yang menyangkut tentang Citra supaya krisis tersebut dapat dengan cepat teratasi dan terselesaikan, sehingga dapat menekan penyebaran isu dan krisis yang menimpa instansi . Begitu juga sebaliknya, jika krisis dan isu negatif yang menyebar tidak dengan cepat dan tepat ditangani maka dikawatirkan akan menciptakan Citra Negatif yang berpotensi merusak Kredibilitas dari instansi tersebut.

Sekian penjelasan saya mengenai Pengertian Public Relations Officer
Silahkan menunggu artikel lainnya yang membahas dunia Perkuliahan atau Humas .
Semoga Bermanfaat

0 comments "Pengertian Public Relations Officer", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai Topik
- Berkomentarlah menggunakan Bahasa Indonesia yang Baku
- Dilarang Berkomentar yang menyinggung soal SARA dan Porno
- Admin berhak tidak menampilkan komentar Anda jika melanggar Peraturan

Jika Anda merasa Artikel ini bermanfaat silahkan membagikan melalui share Social Media yang telah Admin sediakan.

Terimakasih