Memahami Konsep Blog Nofollow Dan Dofollow

Dofollow or Nofollow

Memahami Konsep Blog Nofollow Dan Dofollow - Seperti yang kita ketehui, dalam dunia blogger istilah Nofollow dan Dofollow sering kita dengar dan baca. Untuk itu kali ini saya akan mencoba menjelaskan sebenarnya seperti apa sih Konsep dari Blog Nofollow dan Dofollow. Tanpa panjang lebar lagi silahkan simak ulasan yang saya berikan :

Nofollow 
Jika diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki arti "Tidak Mengikuti" , yang dimaksud adalah memerintahkan robot google untuk tidak ikut mengindeks atau mengcrawl link - link yang diselipkan oleh para pengunjung yang dengan sengaja menyelipkan link - link tertentu. Biasanya blog yang mempunyai tipe Nofollow akan lebih berkualitas, baik dalam kerapian dan kualitas komentar yang diberikan oleh pengunjung sebab Nofollow meminimalkan potensi komentar yang memiliki sifat spam. Selain itu blog yang bersifat Nofollow dapat meningkatkan kualitas di mesin pencarian, dikarenakan mesin pencarian lebih menyukai konten yang benar - benar bersih dari link yang mengarahkan pengunjung lain untuk mengunjungi link tersebut. Manfaat lain dengan blog yang bersifat Nofollow adalah lebih stabil dalam Page Rank dan Ranking Alexa, karena hasil dari nilai Ranking yang didapatkan bersifat murni kerja keras dari penulis blog itu sendiri dan yang terakhir adalah kecemasan penulis dengan razia Google Panda akan sedikit berkurang. Namun adapula kelemahan jika anda menerapkan blog anda bersifat Nofollow, salah satu kelemahannya adalah jumlah pengunjung akan cenderung lama untuk mengalami kenaikan yang signifikan, naik turunnya jumlah pengunjung perhari sangat bergantung pada kualitas artikel yang kita buat dan jumlah pengikut setia dari blog . Konsekuensi selanjutnya tentu akan berpengaruh pula pada lamanya naik Page Rank bagi blog kita dan tentu saja kurang terkenal jika dibandingkan dengan blog Dofollow.

Dofollow
Tentu saja secara konsep Dofollow adalah kebalikan dari Nofollow. Maksud dari Dofollow adalah mempersilahkan robot - robot search engine untuk mengcrawler semua link yang terselip dari setiap halaman blog kita. Dengan begitu maka link - link yang terselipkan akan mempunyai keuntungan untuk menikmati naiknya page rank secara berlahan. Keuntungan dari blog Dofollow adalah Blog akan lebih ramai dari blog yang bersifat Nofollow, karena pengunjung tidak menghiraukan isi artikel yang kita tawarkan namun tujuan utamanya adalah memberikan backlink ke situs lain. Selain itu kemungkinan orang yang berlangganan dengan artikel terbaru akan lebih banyak. Disamping keuntungan yang dimiliki blog bersifat Dofollow tentu saja ada kelemahan yang menghantuinya, salah satu kelemahan yang paling menakutkan adalah tidak disukai oleh search engine. Blog yang memiliki sifat Dofollow banyak sekali komentar spam yang sama sekali tidak berhubungan dengan artikel yang kita tawarkan, sehingga komentar spam tersebut akan diselipkan link oleh komentator dan mengakibatkan "link keluar", Nah banyaknya link yang keluar inilah membuat Search Engine melihat sebelah mata bahkan ada istilah khusus yang dilabelkan Search Engine bagi blog yang memiliki komentar spam terlalu banyak yaitu "Blog Junk" . Blog Dofollow juga memiliki potensi kena amukan Google Panda semakin besar, kelemahan lainnya adalah susah mendapatkan Page Rank.

Nahh bagi anda sebagai penulis blog tentu saja hak anda untuk menentukan tipe atau sifat blog yang akan anda terapkan, apakah Nofollow atau Dofollow ?
Sekian ulasan dari saya mengenai Memahami Konsep Blog Nofollow Dan Dofollow , Semoga saja artikel ini dapat membantu anda dalam memutuskan sifat dari blog anda masing masih.
Terimakasih :D

1 comments:

  1. Wah infonya sangat bermanfaat sekali gan. izin nyimak ya gan dan jangan lupa update terus artikelnya. Oh iya sob, kapan-kapan saya akan mampir lagi jika ada waktu luang. hehehehehe. jangan lupa di update terus ya blognya. salam kenal.
    Memahami Google Pagerank
    Thanks.

    ReplyDelete

- Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai Topik
- Berkomentarlah menggunakan Bahasa Indonesia yang Baku
- Dilarang Berkomentar yang menyinggung soal SARA dan Porno
- Admin berhak tidak menampilkan komentar Anda jika melanggar Peraturan

Jika Anda merasa Artikel ini bermanfaat silahkan membagikan melalui share Social Media yang telah Admin sediakan.

Terimakasih