Memahami Search Queries pada Webmaster Tools

Ditulis oleh: -
Search Queries
Memahami Search Queries pada Webmaster Tools adalah cara tepat bagi anda yang ingin mengetahui performa dari Website atau Blog anda . Sebenarnya memahami Search Queries cukup mudah, namun dikarenakan perbedaan bahasa yang disediakan tidak sedikit diantara anda yang kesulitan untuk memahami apa yang dimaksud fitur Search Queries yang disediakan Webmaster Tool. Tentu saja jika anda ingin menggunakan fitur ini syarat utamanya adalah website anda sudah terdaftar ke Webmaster Tools jika belum silahkan anda membaca Tutorial cara mendaftarkan Blog ke Webmaster Tools .
Setelah proses pendaftaran dan verfikasi selesai silahkan pilih Traffic > Search Queries , nanti akan muncul grafik dan diatasnya akan ada 3 kolom, berikut penjelasanya :
  1. Queries adalah kata kunci yang biasanya atau sering digunakan oleh orang, jika saya tidak salah menafsirkan adalah kata kunci yang berhubungan dengan blog atau website anda.
  2. Impressions untuk mengetahui seberapa sering link website anda disertakan di halaman hasil pencarian Google melalui Queries yang dipakai orang tersebut
  3. Clicks untuk mengetahui seberapa banyak orang yang melakukan klik pada hasil pencarian tersebut
Jadi inti dari grafik itu adalah untuk mengetahui kata kunci yang biasanya digunakan oleh orang dan seberapa banyak link website anda dimunculkan melalui kata kunci tersebut serta untuk mengetahui pula seberapa sering website anda diklik oleh orang melalui Queries tersebut, kesimpulannya jika Impressions dan Clicks semakin banyak maka website atau blog anda semakin bagus performanya. Namun bagi anda yang mendapati angka Impressions dan Clicksnya kecil jangan putus asa, karena pada dasarnya fitur ini untuk mengoreksi kualitas website atau blog, maka saran saya segeralah anda memikirkan strategi - strategi untuk mengembangkan website atau blog anda.

Setelah anda memahami grafik yang disediakan , maka selanjutnya saya harap anda juga dapat memahami masing - masing kata yang tersedia dalam tabel dibawah gambar grafik.
  1. Query fungsinya untuk mengetahui kata kunci apa saja yang dapat anda andalkan untuk membuat artikel dalam blog anda.
  2. Impressions untuk mengetahui kata kunci apa saja yang sering muncul di halaman pencarian google
  3. Clicks untuk mengetahui kata kunci yang memicu orang berkunjung ke website anda, jika yang tersedia <10 bearti menandakan banyak orang yang melakukan klik dibawah 10 orang.
  4. CTR (clickthrough rate) untuk mengetahui presentase efektivitas kata kunci anda, jika yang tersedia 100% bearti menandakan kata kunci tersebut selalu dapat memancing orang untuk berkunjung ke website atau blog anda melalui mesin pencarian google.
  5. Avg. Position untuk mengetahui kata kunci apa saja yang mempunyai posisi terbaik di mesin pencarian google.
Anda juga dapat mengetahui data lebih lengkap dari setiap Query yang disediakan, anda cukup mengklik salah satu Query tersebut maka datanya akan keluar dengan otomatis. Selain itu anda juga dapat mendownloadnya untuk menganalisa melalui Excel.

Jangan khawatir jika data yang disediakan fitur Search Queries pada Webmaster Tools anda tidak lengkap atau ada kolom yang masih kosong, karena menurut saya selain perfoma website atau blog anda kurang baik tapi ada juga faktor lain, yaitu perlu waktu jika menginginkan data website atau blog anda lengkap karena kebanyakan jika Website atau Blog anda masih tergolong baru maka data yang ditampilkan kurang lengkap. 

Anggap saja sebagai cambuk untuk memperbaiki Konten yang anda tawarkan melalui Website atau Blog anda.

Sekian penjelasan dari saya, maaf jika sedikit membingungkan :p mari kita sama - sama belajar :D

Semoga Bermanfaat.

5comments:

  1. wah sangat bagus banget ini, tambah lagi informasi :)

    ReplyDelete
  2. info yg bermanfaat, tapi saya ada pertanyaan, dulu search query blog saya wanbul.blogspot.com sekitar puluhan gitu, tapi sekarang malah tinggal satuan. apa ya sebabnya masbro ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan adanya update trend yang terjadi dikalangan para pencari artikel, misalnya belakangan ini yang sedang hot isu eyang subur, pasti akan banyak yang lebih berminant dengan kata kunci itu, dampaknya dapat pula terjadi untuk blog anda. hal ini otomatis karena kata kunci yang menjadi andalan untuk blog anda kalah bersaing dengan kata kunci eyang subur , haha

      Delete
  3. supaya muncul data search query gimana? yg keindex banyak, tapi search query nya kosong

    ReplyDelete
  4. artikelnya bagus gan saya juga menulis tentang ini alamatnya ' Pengertian dan fungsi webmaster tool by yudhaargaonlinestore' terimakasih kunjungan baliknya, semoga bermanfaat

    ReplyDelete

- Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai Topik
- Berkomentarlah menggunakan Bahasa Indonesia yang Baku
- Dilarang Berkomentar yang menyinggung soal SARA dan Porno
- Admin berhak tidak menampilkan komentar Anda jika melanggar Peraturan

Jika Anda merasa Artikel ini bermanfaat silahkan membagikan melalui share Social Media yang telah Admin sediakan.

Terimakasih