Mengenal Google Panda dan Google Penguin


Mengenal Google Panda dan Google Penguin . Sistem ini dibuat oleh perusahaan Google sebagai penyedia Search Engine terbesar saat ini, tujuannya adalah untuk mengoptimalkan mesin pencarian mereka. Hal ini dikarenakan banyaknya keluhan yang dilontarkan oleh pengguna Google yang mengeluh tentang website atau blog yang isi kontennya tidak sesuai dengan artikel atau informasi yang diinginkan oleh penggua mesin pencarian tersebut.

Tentu saja jika hal ini dibiarkan berlarut - larut maka Google selaku perusahaan mesin pencarian terbesar akan mengalami penurunan kredibilitas dan dapat dianggap pula tidak mampu menangani Spammer. Untuk itu Google memberikan solusi berupa Google Panda dan Google Penguin.

Lantas sebenarnya seperti apa itu Google Panda ? Awal mulanya diawali dengan langkah Google yang mengupdate Alogaritma bernama Google Caffeine, fungsi Alogaritma ini seperti Polisi yang melakukan Patroli, khususnya blog atau website yang ada di urutan pertama SERP mereka. Kemudian Google melakukan Update Alogaritma kembali untuk menyempurnakan sistem Patroli yang mereka lakukan, sehingga lahirnya Google Panda, tentu saja Alogaritma Google Panda lebih canggih daripada Google Caffeine, maka tidak heran setelah Alogaritma Google Panda diluncurkan banyak website atau blog yang terjun bebas ke urutan akhir.

Google Penguin, sistemnya hampir sama dengan Google Panda, seolah - olah Alogaritma tersebut ditugaskan untuk melakukan patroli ke website - website yang dicurigai bersifat spam dan memiliki konten yang kurang berkualitas, lantas dengan adanya sistem ini maka tidak heran pula jika yang menikmatinya adalah para owner website atau blog yang membuat blog secara benar atau berkualitas karena secara otomatis pagerank mereka akan naik dengan sendirinya.

Demikian beberapa penjelasan mengenai Google Panda dan Google Penguin, maka pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah bagaimana caranya agar tidak terjerat oleh Google Panda dan Google Penguin ?
Saya akan memberikan beberapa tips sederhana yang mungkin sudah banyak dibahas oleh teman - teman blogger lainnya :

  1. Buatlah konten yang berkualitas : Konten yang berkualitas adalah kunci utamanya, minimal anda membuat konten yang berisikan minimal 400 kata tapi jika lebih dari 400 memang lebih baik tapi ingat pula kualitas tata bahasa dan pembahasannya.
  2. Hindari Konten Farm : Konten Farm adalah istilah dari konten yang dibuatkan oleh layanan penyedia artikel secara online, ini salah satu jalan pintas bagi para blogger yang malas menulis artikel sendiri dan kekurangan inspirasi. 
  3. Menjadi Blogger yang Natural : dalam tips ini anda sebaiknya menjadi seorang blogger yang manual dan natural, hal ini dikarenakan Google tidak menyukai kegiatan yang bersifat spam. Hal - hal yang termasuk spam adalah terlalu sering melakukan update konten dalam sehari atau terlalu banyak meninggalkan Backlink untuk blog yang masih berumur muda.
  4. Pemeriksaan secara Rutin : anda dapat melakukannya dengan menggunakan layanan Webmaster Tools yang telah disediakan oleh Google. Jika anda menemukan Crawl Eror atau Duplicate Conten sebaiknya anda segera memperbaikinya.
Sekian sedikit penjelasan dan Tips untuk menghindar dari hukuman Google Panda dan Google Penguin.
Semoga Bermanfaat :)


1 comments:

  1. weh artikel yang sangat bermanfaat dan menarik untuk di simak :D

    ReplyDelete

- Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai Topik
- Berkomentarlah menggunakan Bahasa Indonesia yang Baku
- Dilarang Berkomentar yang menyinggung soal SARA dan Porno
- Admin berhak tidak menampilkan komentar Anda jika melanggar Peraturan

Jika Anda merasa Artikel ini bermanfaat silahkan membagikan melalui share Social Media yang telah Admin sediakan.

Terimakasih