Menghapus Crawl Eror Melalui Webmaster Tool

Ditulis oleh: -
Menghapus Crawl Eror Melalui Webmaster Tool adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh para blogger, tujuannya untuk Optimalisasi Blog selain dengan tips Optimalisasi Blog melalui Geographic Target . Pada umumnya para blogger menganggap remeh crawl eror bahkan tidak jarang pula menganggap hanya sebagai laporan dari google jika ada "page not found" padahal jika tidak ditanggulangi dengan cepat dan tepat maka akan sangat berakibat fatal bagi blog kita, khususnya dalam hal Optimalisasi dan SEO .
berikut adalah penyebab - penyebab terjadinya Crawl Eror pada Blog :
  1. Menghapus Artikel, Kategori, Page atau Tags : maksudnya adalah kita telah menghapus Artikel, Kategori, Page atau Tags yang sudah terlanjur terindex oleh Google. Akibatnya apabila tidak segera diatasi tentu saja jika ada pengunjung yang mencari artikel anda dengan kata kunci yang kebetulan sama dengan artikel anda maka akan muncul "Page Not Found" 
  2. Link Eksternal yang disisipkan telah dihapus : pada kasus ini sering terjadi ketika kita memberikan Backlink dengan cara mengunjungi blog lain dan memberikan komentar yang telah diselipkan link yang menuju blog kita dan  ketika blog yang kita beri link telah dihapus atau mungkin suspendend maka akan berdampak broken link untuk blog kita.
  3. Backlink yang ada di Blog kita telah dihapus: pada kasus ini hampir sama dengan contoh nomor 2, namun yang membedakan adalah artikel kita yang dikunjungi oleh blogger lain dan dalam komentarnya telah diselipkan yang menuju Link ke salah satu artikel orang tersebut, entah atas pertimbangan apa tiba - tiba orang tersebut menghapus artikelnya, dalam kasus ini akan berdampak Broken Link karena jika ada pengunjung lain yang mengklik Link tersebut maka akan terjadi "Page Not Found"
Anda telah mengetahui apa saja yang memicu terjadinya Crawl Eror pada Blog pada blog, sekarang saatnya kita mengetahui apakah ada Crawl Eror dan Cara Memperbaiki Crawl Eror :
  1. Silahkan Login ke Webmaster Tool Google  lalu pilih Website atau Blog yang anda kehendaki
  2. Pilih Health / Kesehatan >> Crawl Eror / Kesalahan Perayapan tujuannya adalah mengetahui apakah ada Crawl Eror pada blog.
  3. Silahkan buka semua Link Eror yang ada di tab baru, caranya cukup mengklik salah satu link maka akan muncul alamat lengkap dari url tersebut, tujuannya supaya mempermudah kita ketika akan melakukan Copy Paste Link untuk pengajuan Remove URL
  4. Pilih Optimalization / Pengoptimalan >> Remove URLs / Hapus Url >> silahkan pilih Create a New Removal Request / Buat Permintaan Penghapusan Baru
  5. Pastekan URLs Eror yang kita buka di tab baru tadi kedalam kolom yang telah disediakan >> Continue >> Lanjutkan
  6. Setelah itu maka akan ada 3 pilihan, silahkan Pilih sesuai keinginan anda
  7. Langkah terakhir adalah Submit Request / Kirim Permintaan
setelah anda melakukan langkah - langkah diatas, maka sekarang tinggal tunggu tugas dari Crawl Google. Jadi dalam kasus ini tergantung dari robots google seberapa sering mengunjungi blog anda.

Demikian Tips Menghapus Crawl Eror Melalui Webmaster Tool dari saya
Semoga Bermanfaat :)

2comments:

  1. Terkadang hal kecil seperti ini yang sering dilupakan.
    Apalagi seperti saya yang jarang Webmaster Tool.
    Terima kasih sudah diingatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas, terimakasih juga sudah berkunjung ke blog sederhana saya :)

      Senang rasanya bisa membantu teman teman blogger :D

      Delete

- Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai Topik
- Berkomentarlah menggunakan Bahasa Indonesia yang Baku
- Dilarang Berkomentar yang menyinggung soal SARA dan Porno
- Admin berhak tidak menampilkan komentar Anda jika melanggar Peraturan

Jika Anda merasa Artikel ini bermanfaat silahkan membagikan melalui share Social Media yang telah Admin sediakan.

Terimakasih