Optimalisasi Blog melalui Geographic Target

Ditulis oleh: -
Kali ini saya akan membahas cara mengoptimalisasikan tema atau isi konten blog anda yang mempunyai saingan ribuan bahkan jutaan pesaing. Pada dasarnya kesamaan ide atau materi dalam konten blog sering terjadi, khususnya bagi blogger yang memilih tema tutorial untuk konten blognya. Kesamaan materi tersebutlah yang secara otomatis akan memiliki kesamaan pula dalam hal kata kunci dan dapat dipastikan akan terjadi persaingan yang ketat di kalangan para blogger.

Sebagai contoh saya akan memberikan ilustrasi sebagai berikut :
Saya mempunyai Blog atau Website yang bergerak dalam bidang "free download Mp3" yang saya sisipkan iklan pay per clik untuk setiap pengunjung yang download file di Website saya, sedangkan isi konten saya sudah banyak dan usia sekitar 5 bulan, tapi kenapa belum juga masuk ke halaman utama google ketika saya mengetikan "free download Mp3"

Alasannya adalah saya meletakan dan mentargetkan Website saya di pasaran Global, tentu saja hal tersebut semakin mengecilkan kemungkinan Website saya untuk di klik ataupun dikunjungi oleh pengunjung Global, Kenapa bisa demikian ? : Karena saingan saya adalah Website yang besar dan sudah mempunyai Page rank tinggi, trafik tiap hari tinggi dan mungkin berusia lama dengan kata kunci "free" "download" "Mp3" . bayangkan saja, Website Indonesia yang mempunyai tema dan kata kunci free download mp3 mungkin sudah mencapai ribuan, apalagi jika dihitung dalam tingkat global mungkin mencapai jutaan. hal ini tentu sangat merugikan saya yang bekerja selama 5 bulan tanpa hasil apa - apa.

Untuk itu mentargetkan pengunjung mana yang anda tetapkan untuk blog anda sangatlah penting untuk kebaikan jumlah pengunjung bagi blog atau website anda. Cara mengganti target geografisnya terbilang mudah yang anda perlukan hanyalah mendaftarkan blog atau website anda ke Google Webmaster, berikut langkah - langkahnya :
  1. Setelah proses mendaftan dan mensubmit url blog atau website selesai, silahkan klik "Configuration"
  2. Langkah selanjutnya silahkan klik "Setting"
  3. Pada kolom "Geographic Target" silahkan ceklist
  4. lalu pilih negara mana yang anda inginkan
  5. selanjutnya klik "Save"
Tambahan dari saya bagi anda yang akan menggunakan tutorial ini :
  1. Syarat untuk mengubah Geographic Target adalah hanya situs yang berdomain .com .net atau .org yang biasa disebut gTLD (Generic Top Level Domain)
  2. Jika website anda memiliki domain ccTLD (Country Code Top Level Domain) .co.id (Indonesia) .ind (India) .uk (Inggris) maka secara otomatis Google akan mentargetkan sesuai dengan Negara domain anda , contohnya www.ciptakanide.co.id maka secara otomatis akan ditargetkan ke Indonesia
  3. Merubah Geographic Target tidak menjadikan Website anda menjadi tidak terindex melalui pencarian global. Cara ini hanyalah untuk memerintahkan google untuk memprioritaskan Website anda  pada wilayah pencari di negara tertentu
Sekian Tutorial dari saya
Semoga Bermanfaat :)

2comments:

  1. guna nya untuk apa mas?
    Jangan Lupa Koment Balik Ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi kalau kita pakai tutorial ini, paling tidak blog kita akan mendapatkan saingan pangsa pasar yang lebih ringan.
      misal dengan kata kunci "SEO" dipasaran global akan mendapatkan jutaan pesaing berat dengan kata kunci yang sama, tapi jika kita ubah dengan target pembaca Indonesia paling tidak bisa menjadi ribuan, memang masih banyak tapi masih mending ribuan daripada jutaan.

      supaya bisa jadi nomor satu dengan kata kunci SEO di pasaran Indonesia tentu trik lainnya juga dilakukan mas .

      tutorial ini sekedar mengubah target pembaca, tapi bukan bearti orang blog kita tidak terindex di google.uk :)

      Delete

- Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai Topik
- Berkomentarlah menggunakan Bahasa Indonesia yang Baku
- Dilarang Berkomentar yang menyinggung soal SARA dan Porno
- Admin berhak tidak menampilkan komentar Anda jika melanggar Peraturan

Jika Anda merasa Artikel ini bermanfaat silahkan membagikan melalui share Social Media yang telah Admin sediakan.

Terimakasih