Tips Cara Menulis Artikel Original dan Berkualitas

Tips Cara Menulis Artikel Original dan Berkualitas . Blog tidak bisa lepas dari yang namanya Artikel, ada anggapan yang beredar untuk kalangan blogger jika "Artikel adalah segalanya bagi Blog" , mungkin anggapan tersebut tidak berlebihan karena saya pun beranggapan demikian. Coba anda bayangkan jika anda mempunyai tampilan template yang SEO Friendly, Backlink yang banyak dan melakukan tindakan submit ke banyak Social Bookmark tapi tidak dibarengi dengan produktivitas artikel tentu saja akan menjadi hal yang percuma. Dapat dikatakan pula jika artikel yang ditulis blogger menunjukan visi dan misinya dalam berkecimpung di dunia blog.
Namun yang sayangnya banyak pula para blogger yang menanggapi anggapan jika artikel adalah segala dengan cara yang salah, hasilnya maka tidak heran jika banyak tindakan Copy Paste yang terjadi dikalangan para blogger tidak bertanggung jawab. Mereka melakukan Copy Paste karena kurangnya ide atau malasnya berpikir lebih keras sedikit, hasilnya jalan pintaslah yang mereka tempuh, padahal jalan pintas yang mereka ambil hanya kesenangan sesasat.

Untuk itu kali ini saya akan membagikan beberapa tips dalam hal menulis artikel untuk blog, selain dapat membantu anda para Copaser dalam mencari ide tapi juga dapat membantu anda yang mungkin bingung bagaimana caranya menulis Artikel yang baik. berikut tips - tipsnya :
  1. Jadilah Pembaca yang Baik : tidak mungkin jika anda mendapatkan ilmu tanpa belajar, begitu juga dalam hal menulis, tidak mungkin anda dapat menulis sebuah artikel tanpa membaca terlebih dahulu artikel yang menarik minat anda. Langkah awal yang harus anda lakukan adalah membaca, bacalah artikel apapun yang menarik menurut anda. Untuk tips yang pertama ini tentu setiap orang berbeda - beda tapi ada baiknya jika sesuai dengan bidang anda di dunia nyata.
  2. Kritisi Artikel yang Anda Baca : Setelah anda membaca beberapa artikel yang temanya hampir sama dan menarik minat anda, maka langkah selanjutnya adalah mengkritisi artikel yang sudah anda baca. Mengkritisi dalam hal ini dapat dari segi penulisan artikel tersebut atau metode - metode yang digunakan jika artikel yang anda baca berupa tutorial.
  3. Mulailah Bereksperimen : Tahapan ini adalah mencoba menerapkan pendapat - pendapat yang ada di pikiran anda mengenai artikel yang telah anda baca dan anda kritisi. Anda harus berani untuk mencoba apa yang anda yakini benar, jika yang anda jadikan bahan eksperimen berhubungan dengan ilmu pasti mungkin jauh lebih susah daripada ilmu sosial, sebab otomatis anda harus menciptakan rumus atau formula baru.
  4. Cobalah untuk Menulis : Akhirnya anda memasuki tahap menulis sebuah artikel, sebenarnya jika anda telah melewati tahapan - tahapan sebelumnya maka tahapan ini akan sangat mudah, karena pada dasarnya anda hanya menuliskan hasil dari pendapat anda dan eksperimen anda tadi. Tapi tidak jarang diantara anda yang mempunyai ide bagus namun penulisanya masih kurang bisa dipahami, untuk itu sebelum anda menulis cobalah anda membuat sebuah kerangka terlebih dahulu mengenai inti - inti tiap paragraf dari tulisan anda. usahakan sistematis sehingga para pengunjung tidak kebingungan pada saat membaca. Sebelum anda yakin menerbitkan artikel yang telah anda tulis ada baiknya jika anda mengoreksi dahulu artikel anda, tujuannya adalah meminimalkan kesalahan dalam penulisan.
  5. Koreksi dan Minta Pendapat Orang Lain : ini tahapan terakhir dalam menulis artikel, supaya pengunjung yang membaca artikel anda loyal, maka ada baiknya jika anda meminta kritikan yang membangun dari pengunjung, tujuannya tentu saja supaya anda dapat berkembang hari demi harinya.
Tips yang saya berikan menurut pengalaman pribadi, tentu saja jika anda rasa kurang cocok anda dapat memodifikasinya menurut selera anda, buat anda senyaman mungkin.

Sekian Tips dari Saya

Semoga Bermanfaat :)

0 comments "Tips Cara Menulis Artikel Original dan Berkualitas", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai Topik
- Berkomentarlah menggunakan Bahasa Indonesia yang Baku
- Dilarang Berkomentar yang menyinggung soal SARA dan Porno
- Admin berhak tidak menampilkan komentar Anda jika melanggar Peraturan

Jika Anda merasa Artikel ini bermanfaat silahkan membagikan melalui share Social Media yang telah Admin sediakan.

Terimakasih